Download Manager di Ubuntu Linux

Posted on Oktober 15, 2013

0


Di antara kita yang pemula (Newbie) dan baru kenal dengan Linux khususnya Ubuntu mungkin sering bertanya tanya, Apa sih Download Manager di Linux? seperti yang sangat populer di Windows IDM, nah disini saya akan berbagi beberapa Download Manager di Linux, ini bukan tutorial, silahkan di simak:

dibawah ini adalah download manager berbasis teks di antaranya:

  • Wget : wget merupakan utility command line untuk mendownload dan menerima file dari web menggunakan protokol http/ftp. Wget merupakan tool yang sangat umum dan hampir ada di semua distribusi GNU/Linux. Wget juga support terhadap server proxy, sehingga dapat meringankan beban jaringan. Di Ubuntu Linux, wget merupakan download manager default yang secara otomatis terinstall sehingga tidak perlu menginstallnya.
  • Curl : seperti halnya wget, curl juga digunakan untuk mendapatkan file dari server menggunakan berbagai protokol yang disupport. Curl dibuat untuk bekerja tanpa interaksi user. Ini juga tool yang hampir ada di tiap distribusi GNU/Linux.
  • Axel : Axel juga merupakan download manager command-line yang cukup populer. Tidak seperti wget, axel berkemampuan mempercepat download dengan menggunakan beberapa koneksi untuk satu buah file dan juga dapat menggunakan beberapa mirror sekaligus untuk satu proses download. Program ini cukup ringan (berukuran 25-30k dalam bentuk binary), sehingga bisa berguna sebagai pengganti wget dalam sistem yang benar-benar memperhatikan ukuran dan kecepatan download. Axel ini juga sangat populer sebagai download manager console di GNU/Linux dan juga terdapat interface grafis untuk axel.
  • Jigdo : merupakan utility download yang pada awalnya dikembangkan Debian GNU/Linux untuk digunakan mendownload file dari beberapa mirror untuk membentuk sebuah disk image. Ubuntu, Fedora, Solaris dan FreeBSD juga tersedia melalui file jigdo.
  • Downthemall : merupakan Add-Ons dari browser Mozilla Firefox yang berfungsi sebagai download manager.

Sedangkan untuk yang berbasis GUI di antaranya:

  • Gwget : merupakan versi front-end untuk wget dari GNOME dengan beberapa fitur menarik, seperti icon di systray, multiple downloads dan preference manager yang powerfull.
  • Wxdownloadfast : juga dikenal sebagai wxDFast merupakan donwload manager open source multi platform dan multithreaded.
  • Multiget : merupakan file downloader GUI multiplatform yang mudah digunakan. Dibuat menggunakan program C++ dan berdasarkan wxWidgets.
  • Downloader for X (d4x) : selain download manager berbasis grafis yang mudah dan powerful, juga bisa dijalankan melalui command line interface.
  • KGET : Kget merupakan interface download manager berbasis grafis dari KDE.

Semoga bermanfaat, untuk cara menginstalnya bisa di browsing di Google..

Posted in: /Komputer