Tips Berhenti Merokok

Posted on September 26, 2013

0


stop_merokokBerhenti merokok adalah keputusan tepat bagi kesehatan. Namun membutuhkan tekad yang kuat dalam diri kita sendiri untuk melakukannya. Motivasi dan konsistensi adalah hal yang dibutuhkan jika anda ingin benar-benar terlepas dari kebiasaan buruk ini. Nah, inilah tips yang bisa membantu anda untuk memulainya. Ikuti empat langkah berikut ini
1. Yakinkan diri anda sendiri.
Modal utama untuk berhenti merokok adalah membekali diri dengan tekad dan keyakinan yang kuat bahwa rokok adalah fakta merugikan dari menghirup asap racun yang akan mengganggu kesehatan serta tindakan mubadzir membakar uang.
2. Kurangi secara berkala
Setelah anda sadar dan yakin, berarti dorongan untuk merokok hanyalah hasrat semu belaka dan bukanlah tindakan yang benar-benar dibutuhkan. Jika anda langsung bisa stop, lebih bagus. Tetapi jika anda masih kesulitan menghentikannya, kurangi secara bertahap-tahap, sambil terus menyadari tindakan anda yang semu dan keliru itu. Dan terus katakan keyakinan di atas setiap kali anda akan menyalakan rokok. Dengan begitu, anda akan selalu mengerti kekeliruan yang sedang anda lakukan, sehingga jika jumlah rokok berkurang, anda mulai bisa menerimanya. Selanjutnya terus dan terus kurangi jumlah rokoknya, hingga anda tidak merokok lagi selamanya.
3. Kenali dan benahi tempat favorit merokok anda
Jika anda punya tempat-tempat tertentu yang memikat hati untuk merokok seperti kamar mandi, pos ronda, atau mungkin beranda depan rumah anda sendiri, koreksilah mindset dengan membenahi pikiran anda bahwa kamar mandi adalah tempat untuk mandi, pos ronda adalah pos untuk keamanan, dan beranda rumah adalah tempat untuk menghormati dan memuliakan tamu bukan tempat untuk merokok. Dan memang, tempat merokok itu sebenarnya tidak pernah ada di manapun. Semua perokok, sudah terlalu lama merampas dan menguasai tempat-tempat seperti di atas dan tempat-tempat lain dimana-mana. Kini saatnya mereka harus mengembalikannya.
4. Sibukkan anda pada aktifitas bermanfaat lainnya
Bekerja, berolahraga, menikmati hobi, rekreasi, dan berbagai aktifitas produktif lainnya akan berangsur membantu melupakan rokok anda. Hingga pada suatu titik dimana anda akan merasakan panas,getir, dan pahitnya asap rokok menyumpal di mulut dan jalan nafas anda. Mulai saat itu, teriakkan dengan keras : ROKOK – NO WAY disertai dengan tangan mengepal, anda telah berhasil mengusir rokok dari kehidupan anda. .(yahya-f).
Sumber:
Posted in: /Artikel