Apakah Puasa Kita Tahun Ini Berhasil Membawa Kita Ke Kenjang Taqwa?

Posted on Juli 27, 2013

0


Hampir setiap tahun kita selalu melaksanakan ibadah puasa, sebuah pertanyaan yang mendasar, apakah puasa kita telah mampu mengantar kita ke jenjang taqwa ?

Indikator keberhasilan puasa kita adalah:

  1. Kita rajin ibadah di bulan romadlon mestinya di luar romadlon ibadah kita jauh lebih hebat, karena bulan romadlon itu syahruttarbiyah, bulan pendidikan, untuk membuktikan kebnerhasilan proses pendidikan itu out putnya adalah aplikasi nilai-nilai puasa di 11 bulan setelah romadlon.
  2. Jika kita rajin sholat wajib dan sholat sunah di bulan romadlon maka di luar romadlon juga kita harus tetap istiqomah melakukan sholat wajib dan sholat sunnah tersebut termasuk sholat qiyamulail.
  3. Ketika di bulan Romadlon kita selalu berinfaq dan bersodaqoh maka diluar romadlon kita harus tetap istiqomah untuk melakukan hal yang sama, selalu memberi infaq dan sodaqoh kepada yang berhak menerimanya, agar kita tidak digolongkan Allah sebagau mereka yang mendustakan agama karena tidak perduli kepada anak yatim dan fakir miskin.
  4.  Jika di bulan romadlon kita mampu menahan lapar dan haus, maka di luar romadlon kita harus meningkatkan kepedulian kita kepada fakir miskin yang hampir sepanjang tahun selalu puasa karena mereka tidak mempunyai sesuatu untuk di makan
  5.  Jika di romadlon kita mampu menahan amarah, maka di luar romadlon kita harus mampu mempraktekkan itu dalam kehidupan kita, kita sudah capek melihat bangsa ini hiruk pikuk karena amarah, kita tahan amarah itu untuk menuju menjadi bangsa yang rahman dan rahim.
  6. Jika di bulan romadlon kita selalu membaca Qur’an maka sebaiknya kita tingkat terus kegiatan itu dan akan lebih baik jika berusaha sekuat tenaga untuk dapat memahami isi Qur’an dan mampu memprakteknya dalam kehidupan nyata

Ya Allah mudah-mudahan dengan puasa kami dapat menghapus dosa kami di waktu yang lalu, jika engkau tidak menghapus dosa kami maka kepada siapa lagi kami harus mengadu, mungkinkah kami menjadi salah satu dari hambamu yang dimasukkan dalam golongan orang yang taqwa ? Pertemukan lagi kami dengan romadlon di tahun tahun yang akan datang. Amiin ya robbal alaaamiiin. Semoga bermanfaat.

 Source: Status Ustads Sangadji EM member group Muhammadiyah

Ditandai:
Posted in: /Artikel