Hikmah Puasa Bagi Kesehatan Manusia

Posted on Juli 26, 2013

0


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (Qs Al-Baqarah: 183).

Berikut adlah hikmah puasa bagi kesehatan;

A. Memperpanjang umur harapan hidup.
Dengan puasa berarti terjadi pengurangan/pembatasan masukan energi dari yang biasa dianjurkan. Hasil penelitian mengatakan, pengurangan energi hingga 30-50% dari normal dengan catatan zat gizi lain tetap seimbang dapat memperpanjang umur 33-60% dari normal. Sedangkan bagi yang berpuasa dengan konsumsi energi 80% dari normal, dapat menurunkan terjadinya tumor serta tercapainya umur yang lebih panjang.

B. Meningkatkan imunitas (kekebalan).
Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pada orang yang berpuasa sel darah putih (lekosit) yang berfungsi membunuh kuman penyakit meningkat. Di samping pengurangan konsumsi makanan pada saat berpuasa akan menunda kekebalan sehingga pada usia lanjut kekebalan tubuh tetap tinggi.

C. Meningkatkan kebugaran.
Pada orang yang berpuasa, di mana terjadi pembatasan konsumsi makanan (diet restriksi) mempunyai kebugaran yang lebih tingggi dari pada mereka yang melakukan diet normal.

D. Menyehatkan jiwa.
Puasa bukanlah sekedar menahan lapar dan haus, tetapi juga mengendalikan hawa nafsu dari perbuatan yang tidak baik. Kesadaran yang dilandasi dengan keimanan ini secara psikologis akan membuat seseorang melakukan pembatasan-pembatasan dalam tingkah lakunya yang pada akhirnya melahirkan sikap mental yang positif.

E. Meningkatkan kesuburan.
Dari hasil penelitian menunjukan selama berpuasa semua produk hormon termasuk hormon seksual meningkat. Hal ini sangat menguntungkan bagi pasangan suami istri yang kurang subur. Hubungan intim di malam hari sangat membantu sekaligus dapat menghilangkan stress.

F. Membantu mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Ketidak tenangan jiwa / stress dapt memicu penyakit maag. Maka puasa yang dijalankan sesuai dengan perintah Allah SWT secara tulus, bisa menyebabkan ketenangan jiwa, dengan demikian akan mengubah sistem hormonal yang berperan terhadap kelainan lambung. Di samping itu stress yang bisa dikendalikan dengan puasa akan memperlancar peredaran darah ke lambung sehingga kerja lambung menjadi lebih baik.
Puasa juga dapat menurunkan berat badan bagi orang yang obesitas (memiliki berat badan berlebih) sehingga akan terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat timbul karena faktor kegemukan seperti penyakit jantung koroner dan diabetes mellitus.

G. Membuat tubuh awet muda.
Dengan berpuasa maka pembentukan sisa hasil metabolisme tubuh berkurang dan pengeluaran zat sisa dari proses metabolisme sebelumnya akan dikeluarkan sehingga akan terjadi peremajaan sel-sel yang mulai menua. Sel tubuh akan lebih sehat, lebih bersemangat dan kembali muda.

 

Source: Diolah dari berbagai sumber

Posted in: /Artikel