Pantai Kuta Lombok

Posted on Juli 17, 2013

1


kutaKetenaran nama pantai Kuta Bali menjadi produk yang bisa dijual kepada wisatawan baik nasional maupun mancanegara. Namun tahukah Anda, di Pulau Lombok Nusa Tenggara Barat ada Pantai Segara Kuta yang keindahannya tak kalah dengan pantai Kuta Bali.
Untuk mencapai pantai Segara yang terletak di Kabupaten Lombok Tengah, perjalanan bisa ditempuh lewat darat selama satu jam dari Kota Mataram, ibu kota provinsi NTB
Pantai yang terlihat hijau biru ditepikan pasir putih beratapkan langit biru yang diselingi awan putih menjadikan pantai ini cukup indah untuk dinikmati. Selain masih sepinya, pantai ini sewaktu saya berkunjung kesana hanya ada 1 turis asing yang sedang belajar berselancar. Sayang, akses menuju pantai kurang bagus. Untuk menuju entrance pantai sudah cukup bagus, jalan aspal dengan penataan landscape kiri kanan jalan yang ditanami dengan pohon palem raja. Sepertinya penataan ini adalah konsekuensi hotel Novotel yang terletak tidak jauh dari pantai dengan bangunan gaya natural.
 DSC_7411
 Sepinya pengunjung ke tempat ini barangkali tidak lepas dari kurangnya promosi. Ditambah, ledakan bom Bali seakan menjadi pertanda mati surinya dunia pariwisata. Tetapi yang mencolok adalah pengelolaan infrastruktur yang kurang memadai untuk mencapai pantai. Barangkali bila keadaan sudah berangsur pulih, Pemerintah Daerah mau mengelola dengan lebih baik untuk menjadikan pantai ini semakin rapi dan indah.
Banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi sebelum tiba di pantai ini, antara lain kampung asli suku Sasak yakni Desa Sade. Kampung yang telah berusia lebih dari 400 tahun ini masih menyajikan keasrian tempo dulu. Rumah-rumah adat beratapkan ”damen (jawa)”. Lantai rumah yang masih rutin diplester dengan kotoran kerbau, yang dipercaya sanggup mengusir roh jahat agar tidak menculik anak gadis.
 lombokbangka-154-preview
 Selain kampung Sade, kita bisa mengunjungi kampung yang khusus membuat / menenun kain khas suku mereka. Sayangnya karena waktu yang membatasi langkah saya, kampung ini tidak sempat saya kunjungi, berharap waktu lain masih diberi kesempatan untuk mengunjungi pulau Lombok lagi.
_______________________________________________________
Posted in: /Artikel