Cara Membersihkan Layar LCD

Posted on Juli 1, 2013

0


download (1)Berbagi tips jadul lagi nih sobat, artikel ini saya kutip dari dokumen group di Facebook, saya harap artikel ini daat bermanfaat untuk sobat sekalian.

Pada saat ini, tentunya kita sangat familiar dengan yang namanya layar LCD. Dari televisi, monitor, hingga layar ponsel, saat ini sebagian besar menggunakan teknologi LCD. Lalu apakah sobat tahu bahwa cara perawatan layar LCD dengan layar biasa sangatlah berbeda.

Hal pertama yang harus diingat, Layar LCD bukanlah layar kaca. Banyak orang yang salah kaprah dengan hal ini. LCD yang memiliki kepanjangan Liquid Cristal Display tersusun atas soft film yang mudah tergores, rawan akan noda, dan berembun yang diakibatkan oleh cara perawatan yang salah dan penggunaan kain yang kasar.

Layar LCD cenderung terlihat kotor, debu, noda bahkan sidik jari mudah menempel. Seringkali untuk membersihkan noda-noda tersebut orang memakai air atau kertas bahkan tisue. bahkan saya pun waktu pertama kali menggunakan LCD saya membersihkannya dengan tisue yang dibasahi dengan air, Hal ini keliru, JANGAN sekali-kali sobat melakukan hal seperti ini, lupakan saja karena itu adalah kebodohan dan ketidak tahuan saya.

Membersihkan layar LCD dengan air akan meninggalkan sisa-sisa bahan kimia seperti klorit yang akan menempel pada layar. Kertas atau handuk dapat menyebabkan LCD lecet. Jika hal ini terus berlanjut, bisa-bisa LCD akan buram dan bahkan akan menyebabkan dead pixel.

Lalu, bagaimana cara membersihkan LCD dengan benar? Berikut ini langkah-langkah yang bisa sobat coba.

  1. Pertama pastikan LCD dalam keadaan mati, lalu perhatikan kondisi layar LCD anda. Perhatikan bagian-bagian yang memiliki noda.
  2. Gunakan kain mikrofiber untuk membersihkan layar dari noda.
  3. Membersihkan LCD dengan campuran air dan alkohol menggunakan T-shirt kapas atau saputangan memang bisa. Namun lebih baik jika anda menggunakan larutan pembersih. Meskipun mahal, tapi larutan pembersih yang bagus menjanjikan hasil yang bagus pula.
  4. Jangan pernah menggunakan spray atau larutan pembersih langsung ke layar.
  5. Seka LCD dengan gerakan memutar, dan jangan lupa, kehati-hatian sangat diperlukan. Tidak perlu memberikan tekanan untuk membersihkan layar. Slow saja.
  6. Selesai membersihkan, biarkan LCD sampai benar-benar kering sebelum digunakan.
  7. Untuk noda yang membandel, seperti noda tinta, anda dapat mengulang beberapa kali langkah-langkah di atas. Atau anda juga dapat membeli pembersih khusus yang dapat membersihkan noda-noda berat.

Selain cara membersihkan, sobat juga harus memperhatikan bagaimana merawat LCD. LCD yang dirawat dengan baik akan dapat bertahan lama. Bahkan salah satu berani mengklaim bahwa LCD dapat bertahan hingga lebih dari 60 ribu jam.

Selamat mencoba, jangan lupa tinggalkan jejak sobat sebagai pembaca setia blog Our Directory. Terima kasih atas kunjungan sobat.

Correct Me If I Wrong

Posted in: /Tutorial