Membuat Jaringan Peer to Peer Menggunakan Wifi Internal Laptop

Posted on Juni 21, 2013

0


Jaringan WiFi Ad hoc adalah mode jaringan WiFi yang memungkinkan dua atau lebih device (komputer atau router) untuk saling berkomunikasi satu sama lain secara langsung (dikenal dengan istilah peer to peer) tanpa melalui Central Wireless Router atau Acces Point (AP). Sedangkan jaringan WiFi yang menggunakan sebuah Acces Point Router untuk menghubungkan antara semua client dengan sumberdaya jaringan lainnya disebut jaringan WiFi mode Infrastructure.
Baiklah, kali ini om Rama akan berbagi kepada agan dan aganwati bagaimana cara untuk membuat Jaringan Peer to Peer Mengunakan Wifi Internal Laptop, untuk memulai tips ini agan dan aganwati harus menyediakan laptop yang sudah memmiliki perangkat Wifi. Baiklah kita langsung saja ke TKP (kayak dalang OVJ aja)
1. Pertama tama masuk ke Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center(Perhatikan gambar)


2. Muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian klik set up a wireless ad hoc (computer to computer) network (Perhatikan gamar)

3. Klik Next Untuk melanjutkan
4. Masukan Nama Network yang akan dibuat, untuk Security type pilih WPA2-Personal, dan masukan Secutity key yang nantinya akan dijadikan sebagai password komputer lain untuk masuk dalam koneksi yang telah agan dan aganwati buat. klik Next

5. Proses setting up sedang berjalan
6. Selesai
7. Selanjutnya agan dan aganwati bisa mengecek daftar koneksi wifi, lihat gambar. Jika terdapat jaringan wifi dengan nama yang dibuat terdapat pada daftar tersebut, maka agan dan aganwati berhasil.
Jika komputer kita sudah terhubung dengan jaringan Ad hoc yang telah dibuat, kita bisa saling bertukar data (sharing data) atau atau perangkat keras sperti printer, modem dan perangkat lainya. Sebagai catatan performance jaringan Ad Hoc ini akan turun secara drastis dengan bertambahnya jumlah computer yang terhubung. Semoga bermanfaat
Jangan lupa tinggalkan komentar ya!


Posted in: /Artikel