Instalasi Mikrotik Router OS

Posted on Juni 21, 2013

0


Hey agan dan aganwati kembali om Rama berbagi ilmu yang ane dapatkan dari pembimbing Industri ane waktu PSG, yaitu mengenai langkah langkah instalasi Microtik Router OS
Baiklah agan dan aganwati yang baik hati, saya gak mau dibilang banyak cincong kita langsung saja ke TKP, tapi saya ingin berbagi dulu, apa sih itu Mikrotik RouterOS? Nah Mikrotik routerOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer biasa menjadi router network yang handal,mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless. Fitur-fitur tersebut diantaranya : Firewall & Nat, Routing, Hotspot, Point to Point Tunneling Protocol, DNS server, DHCP server, dan masih banyak lagi fitur lainnya. Mikrotik dapat digunakan dalam 2 tipe, yaitu dalam bentuk perangkat keras dan perangkat lunak. Dalam bentuk perangkat keras, Mikrotik biasanya sudah diinstalasi pada suatu board tertentu, sedangkan dalam bentuk perangkat lunak, Mikrotik merupakan satu distro Linux yang memang dikhususkan untuk fungsi router.
Langsung saja ke tahap instalasi, disini saya menggunakan mikrotik 2.9.27.

  1. Langkah pertama jika anda menginstal pada PC yaitu mensetting agar CD-ROM sebagai booting pertama pada BIOS. Jika anda menggunakan software VirtualPC tidak perlu mensetting pada bios.
  2. Masukkan CD installernya. Jika anda menggunakan VirtualPC cukup menggunakan file .iso. Kemudian instalasi akan berjalan.
  3. Kemudian muncul pilihan untuk paket-paket apa saja yang akan kita instal. Jika ingin memilih satu persatu tekan spacebar, namun jika ingin langsung memilih semuanya tekan “a”. Jika sudah lanjut ke proses instalasi dengan menekan “i”.

      

  4. Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  5. Proses instalasi selesai, kemudian “Enter” untuk me-restart.
  6. Mikrotik sudah terinstal, selanjutnya tinggal kita login. Disini untuk username dan password masih default, jadi untuk mikrotik login isikan “admin” dan untuk pasword tetap di kosongkan saja.
  7. Mikrotik RouterOS siap dioperasikan

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa tingalkan komentar

Posted in: /Artikel